Mendapat SP [Surat Peringatan], Harus Bagaimana???

SP [Surat peringatan] merupakan salah satu upaya pembinaan dari manajemen kepada karyawan yang melakukan pelanggarandisiplin atau tata tertib di tempat kerja. SP ini bisa diberikan sebelum karyawan dipecat dari perusahaan. Dia akan menerima SP dari atasannya. SP ini sangat tergantung dari besar-kecilnya kesalahan. Namun, bisa saja karena ringannya kesalahan, si karyawan hanya diberi peringatan lisan [teguran]. Sebuah perusahaan tidak bisa memutuskan hubungan kerja dengan karyawannya sebelum melayangkan surat peringatan.

Keberadaan SP ini memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memperbaiki kinerjanya. Diharapkan dengan adanya SP menjadi cambuk bagi si karyawan agar performanya meningkat. Pasal 161 UU Tenaga Kerja Tahun 2003 menyebutkan surat peringatan diberikan tiga kali berturut-turut sebelum perusahaan memecat karyawannya. Pada ayat keduanya disebutkan bahwa masing-masing SP berlaku selama enam bulan.

About bentbee

Hal yang paling kusukai dalam hidup adalah bangun di pagi hari, menghirup udara pagi sambil minum sweet hot tea... ^^

Posted on 18 April 2010, in Hukum. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Koment ahh,,, :D hehehe..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: