Batam: Tempat Wisata

Mm,, sebel dech pas mo nulis tentang Batam, ngga banyak foto-foto yang mendukung untuk ditampilkan😦 Alasannya sich simple: karena sebagian besar foto-foto spot yang bagus-bagus di Batam gw save di hp… n hp gw ilang! Phew,,, lupakanlah, tapi hal tersebut ngga bikin gw kehilangan mood untuk nulis koq coz besok-besok gw masih bisa ke sana lagi.. dua taon lagi,,:/

Next,,, pertama kali nyampe di Bandara Hang Nadim, teteuppp,, foto dulu ahh🙂 ngga peduli dengan orang yang pada liatin. Hehe. Toh pada akhirnya banyak juga koq yang ikutan foto-foto kayak gw😀

Ini adalah ketiga kalinya gw ke Batam🙂

Hari pertama sampai Batam, fiuhh,, cape bangettt. karena dari pagi dah sibuk-sibuk kali ya,,, Yang pasti dari Bandaranya tuch jauh banget dari lokasi gw tinggal (Sekupang dan/atau Tiban Centre). Berikut adalah tempat wisata yang gw kunjungi:

1. Vihara Maha Duta Maitreya (Sei Panas): Dari namanya aja kita pasti bisa langsung tau kalo vihara ini alirannya Maitreya🙂 Fyi, gw suka banget lho ma Buddha Maitreya karena wajahnya selalu senyum ceria gitu. Jadi ikutan senyum dech,,😉 Saat  gw berkunjung ke Batam (sekitar bulan April/Mei tahun 2010), vihara ini katanya yang terbesar se-Asia. Bangunannya megah, besar, n bersih. Cool! Oya, di vihara ini gw sempet sembahyang n ciamsi (meramal nasib dengan menggunakan bilah-bilah bambu), waktu pas diartiin oleh Biokongnya, nasib gw ngga terlalu bagus [katanya]. Seingat gw, gw sempet sedih sich waktu itu, tapi kalo sekarang ditanya ramalan nasibnya seperti apa ngga bagusnya,, yeah, jujur aja gw udah lupa😀 haha.. abis kalo ramalan jelek gitu malas diinget-inget ahh,,😀

2. Patung Dewi Kwan Im (Sekupang): Gw ngga boleh masuk untuk pai (memberi penghormatan) karena saat itu naik motor. Cuman yang bawa mobil aja yang boleh masuk pada hari itu. Sebel. Akhirnya gw ngeliat patung Dewi Kwan Im-nya dari jauh dech (dari pintu masuk lokasi patung Dewi Kwan Im, nanjak lagi). Terus keliatan juga dari situ kota-kota di Singapura. Sebenernya yang lebih keliatan sich Singapore Flyer-nya. Hehe,,

3. Cetiya Dhamma Sukha (Tembesi):  Disebut cetiya karena lebih kecil dari vihara. Cetiya ini alirannya Tantrayana. Saat gw berkunjung ke cetya ini, cetya-nya lagi renov.

4. Jembatan Barelang: Banyak yang bilang katanya belum ke Batam kalo belum ke jembatan yang satu ini. Mm,, berarti jalan-jalan gw yang pertama n kedua bukan ke Batam dunk (coz ngga ke jembatan Barelang)??? Yeah,, pas perjalanan ketiga akhirnya ngelewatin juga jembatan yang tersohor tersebut.. Lho?! Yup, cuman ngelewatin aja😉 karena saat itu tujuan utamanya bukan mo liat jembatan ini, tapi mo ke pantai Sembulang ^^ Okay, saat itu sich udah pengen turun dari mobil buat berhenti sejenak di jembatan, tapi karena berhubung sepanjang jembatan tersebut penuuuuuhhh banyak orang, maka diputuskan untuk ngga singgah😦 [waktu itu tanggal 1 Januari 2011]. Ssttt,, banyak orang yang pacaran lho di jembatan barelang ini. Hihi- Ngirit.

5. Camp Vietnam (Pulau Galang): Lokasinya ngga jauh dari Jembatan Barelang, tapi ngga mampir juga. Hehe. Katanya sich camp ini bersejarah banget. Cerita sejarahnya kayak gimana, gw juga ngga tau pasti sich [coz bukan orang asli Batam gito lho]. Hihi.Berhubung rasa ingin tau gw terhitung lumayan, akhirnya pas searching gitu ketemu juga sejarahnya. Hoho. Check it out!

Ratusan ribu penduduk Vietnam bagian selatan melarikan diri meninggalkan kampung halamannya untuk mengungsi ke negara lain pasca perang saudara di Vietnam sekitar 1980-an.

Para pengungsi ini meninggalkan negaranya menggunakan perahu-perahu yang kondisinya memprihatinkan. Dalam satu perahu bisa ditempati 40-100 orang. Berbulan-bulan para pengungsi terombang-ambing di tengah perairan Laut Cina Selatan, tanpa tujuan yang jelas. Sebagian dari mereka ada yang meninggal di tengah lautan dan sebagian lagi dapat mencapai daratan, termasuk wilayah Indonesia, seperti Pulau Galang dan Tanjung Pinang.

Gelombang pengungsi ini menarik perhatian Komisi Tinggi Urusan Pengungsi PBB (UNHCR) dan Pemerintah Indonesia. Pulau Galang, tepatnya di Desa Sijantung, Kepulauan Riau, akhirnya disepakati untuk digunakan sebagai tempat penampungan sementara bagi para pengungsi. UNHCR dan Pemerintah Indonesia membangun berbagai fasilitas, seperti barak pengungsian, tempat ibadah, rumah sakit, dan sekolah, yang digunakan untuk memfasilitasi sekitar 250.000 pengungsi.

Di tempat ini, para pengungsi Vietnam meneruskan hidupnya sepanjang tahun 1979-1996, hingga akhirnya mereka mendapat suaka di negara-negara maju yang mau menerima mereka ataupun dipulangkan ke Vietnam. Para pengungsi ini dikonsentrasikan di satu permukiman seluas 80 hektar dan tertutup interaksinya dengan penduduk setempat. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengawasan, pengaturan, penjagaan keamanan, sekaligus untuk menghindari penyebaran penyakit kelamin Vietnam Rose yang dibawa oleh para pengungsi ini.
Saat ini, bekas kamp pengungsian tersebut dijadikan tempat wisata oleh pihak Otorita Batam sebagai salah satu upaya mewujudkan program Visit Batam 2010. Berkunjung ke tempat ini dapat mengingatkan Anda akan tragedi masa lalu yang menyebabkan ratusan ribu orang harus hengkang dari negaranya untuk mencari perlindungan.

Di kawasan ini, pengunjung dapat melihat beberapa monumen dan sisa peninggalan dari kamp pengungsian. Dari sisa-sisa peninggalan ini, pengunjung dapat membayangkan bagaimana para pengungsi Vietnam mencoba bertahan hidup, jauh dari tanah kelahirannya.

Sumber sejarahnya nemu di: http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/news/sejarah-camp-pengungsi-vietnam-di-pulau-galang-batam-/mrdetail/2449/

6. Pantai Sembulang: Wahh,, kalo dari Nagoya, pantai ini jauhnya minta ampyun dech,,, pas nyampe pantainya, gw kira mah bakal terbayar,, ehh ngga taunya airnya lagi pasang. Jadinya ya gitu dech, keindahan pantainya jadi ngga terlihat sempurna.

About bentbee

Hal yang paling kusukai dalam hidup adalah bangun di pagi hari, menghirup udara pagi sambil minum sweet hot tea... ^^

Posted on 9 September 2011, in Indonesia, Jalan-jalan and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Hii….Ben,, saLam keNal yah,,
    ku suka bgt tampilan blog kamu, dah juga isinya..
    Oia,, agnes minta ijin ya,,
    cerita tentang Vietnam camp batam yang ada dipagesmu, agnes noted juga di pages agnes,,
    masalahnya agnes gak tau cerita lengkapnya,,jadi dair kamu aja,,
    gpp kan?? itung2 tar kalo ada yang mampir tempatku, dia juga kesampaian ke kamu..hehehe.. Oke sist, Thankyou.

    • Salam kenal juga ya,,,
      Gpp koq ceritanya di noted di pages km, yang penting selalu tuliskan sumbernya (copy right).
      Anyway, gw udah liat lho blog km. bagus dan rapi🙂

  2. keren,,, bole mita fb nya gak

Koment ahh,,, :D hehehe..

