In My Opinion: Punya Usaha Sendiri

Terdengar menarik dan penuh tantangan ketika seseorang menyatakan, “Ya. Gw akan buat usaha sendiri.” Tapi apa iya segampang itu untuk buat usaha sendiri??? Punya usaha/bisnis sendiri itu berarti kita harus berpikir secara menyeluruh, terutama fokus pada manajemen strategis yang terletak pada memadukan manajemen, pemasaran, keuangan/akunting, produksi/operasi, penelitian dan pengembangan, serta sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi [dalam hal ini: perusahaan].

Pada tahap awal, kita melakukan perumusan strategi termasuk mengembangkan misi bisnis, mengenali peluang dan ancaman eksternal perusahaan, menetapkan kekuatan dan kelemahan internal, menetapkan obyektif jangka panjang, menghasilkan strategi alternatif, dan memilih strategi tertentu untuk dilaksanakan. Isu perumusan strategi termasuk memutuskan bisnis baru apa yang akan dimasuki, bisnis apa yang harus dihentikan, bagaimana mengalokasi sumber daya, apakah memperluas operasi atau diversifikasi, apakah akan memasuki pasar internasional, apakah akan melakukan merjer atau membentuk usaha patungan, dan bagaimana menghindari pengambilalihan perusahaan pesaing.

Kita semua tahu bahwa semua perusahaan mempunyai sumber daya yang terbatas, oleh karena itu ahli strategi harus memutuskan strategi alternatif mana yang akan memberi keuntungan terbesar kepada perusahaan. Keputusan perumusan strategi mengikat suatu organisasi pada produk, pasar, sumber daya, dan teknologi spesifik selama periode waktu tertentu. Apapun yang terjadi, keputusan strategi mempunyai konsekuensi berbagai fungsi utama dan pengaruh jangka panjang pada suatu perusahaan.

Manajer puncak mempunyai perspektif terbaik untuk memahami sepenuhnya keterkaitan dari keputusan perumusan; mereka mempunyai wewenang untuk menyisihkan sumber daya yang diperlukan untuk implementasi.

Implementasi strategi menuntut perusahaan untuk menetapkan obyektif tahunan, memperlengkapi dengan kebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasi sumber daya sehingga strategi yang dirumuskan dapat dilaksanakan. Implementasi strategi termasuk mengembangan budaya mendukung strategi, menciptakan struktur organisasi yang efektif, mengubah arah usaha pemasaran, menyiapkan anggaran, mengembangkan dan memanfaatkan sistem informasi, dan menghubungkan kompensasi karyawan dengan prestasi organisasi. Strategi implementasi berarti memobilisasi karyawan dan mamajer untuk mengubah strategi yang dirumuskan menjadi tindakan. Ini merupakan tahap yang paling sulit karena memerlukan disiplin pribadi, komitmen, dan pengorbanan. Keberhasilan implementasi strategi tergantung pada kemampuan majer untuk memotivasi karyawan [yang lebih merupakan seni daripadad pengetahuan].

Strategi yang dirumuskan tetapi tidak diimplementasikan sama sekali tidak ada gunanya.

Keterampilan hubungan antarpribadi sangat penting demi keberhasilan implementasi strategi. Aktivitas implementasi strategi mempengaruhi semua karyawan dan manajer dalam sebuah perusahaan. Setiap divisi atau departemen harus memutuskan untuk menjawab pertanyaan seperti,Apa yang harus kita lakukan untuk mengimplementasikan sytrategi perusahaan yang menjadi bagian kita? danSebaik apa kita dapat menyelesaikan tugas kita?

Evaluasi strategi adalahh tahap akhir dalam manajemen strategis. Para manajer sangat perlu mengetahui kapan strategi tertentu tidak berfungsi dengan baik. Semua strategi dapat dimodifikasi di masa depan karena faktor internal dan eksternal yang selalu berubah. Tiga macam aktivitas mendasar untuk mengevaluasi strategi adalah:

  1. meninjau faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi dasar strategi sekarang;
  2. mengukur prestasi;
  3. mengambil tindakan korektif.

Evaluasi strategi diperlukan karena keberhasilan hari ini bukan merupakan jaminan keberhasilan di masa depan!

About bentbee

Hal yang paling kusukai dalam hidup adalah bangun di pagi hari, menghirup udara pagi sambil minum sweet hot tea... ^^

Posted on 18 September 2011, in ekonomi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Koment ahh,,, :D hehehe..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: