Memilah Sampah Plastik

Plastik merupakan salah satu benda yang tidak ramah lingkungan karena sulit terurai secara alamiah. Satu-satunya cara yang paling baik untuk menangani sampah plastik adalah dengan mendaur ulangnya. Taukah kamu, kalau banyak jenis plastik yang berbahaya bagi kesehatan, khususnya jika digunakan sebagai media pembungkus makanan. Berikut adalah jenis-jenis plastik dan kodenya yang sering kita jumpai sehari-hari:

1. PETE atau PET (Polyethylene Teraphthalate). Biasanya jenis plastik ini berupa botol transparan dan tembus pandang seperti botol air mineral maupun botol minuman sari buah. Botol jenis ini sebenarnya hanya sekali pakai saja dan tidak dapat digunakan sebagai tempat air minum dalam keadaan panas karena zat kimia yang terdapat pada plastik jenis ini dapat luntur dan bila termakan ataupun terminum sangat berbahaya bagi kesehatan. [Kode untuk plastik jenis ini adalah 1].

2. HDPE (High Density Polyethylene). Plastik jenis ini sama dengan jenis PETE dan biasanya diproduksi dalam bentuk botol sebagai wadah minuman, detergen, sabun cair, dan bedak. [Kode untuk plastik jenis ini adalah 2].

3. V atau PVC (Polyvinyl Chloride). Plastik jenis ini sangat berbahaya bila dihunakan sebagai pembungkus makanan karena kandungan zat berbahaya yang terdapat di dalamnya dapat dengan mudah luntur bila terkena panas dan makanan yang banyak mengandung minyak. Kita perlu waspada dalam penggunaan sehari-hari, masih banyak dijumpai untuk wadah ataupun pembungkus makanan dan minuman. [Kode untuk plastik jenis ini adalah 3].

4. LDPE (Low Density Polyethylene). Jenis plastik ini biasa digunakan untuk wadah makanan atau minuman. Ciri khusus dari plastik jenis ini adalah lembek namun memiliki daya elastis yang cukup kuat. jenis plastik ini tergolong baik untuk pembungkus ataupun wadah makanan karena bahan kimia yang terdapat di dalamnya tidak mudah luntur ataupun larut, meskipun digunakan untuk pembungkus makanan ataupun minuman dengan suhu tinggi. [Kode untuk plastik jenis ini adalah 4].

5. PP (Polypropylene). Plastik jenis inilah yang tepat bila digunakan untuk pembungkus ataupun wadah makanan dan minuman karena tidak memberikan efek yang besar bagi kesehatan manusia, sehingga sangat cocok bila digunakan untuk tempat makanan bagi bayi. [Kode untuk plastik jenis ini adalah 5].

6. PS (Polystyrene). Plastik jenis ini lebih dikenal sebagai Styrofoam, dan di dalamnya terdapat bahan kimia jenis Styrine yang sangat berbahaya bagi otak dan sistem syaraf. Jadi, plastik jenis ini sebenarnya tidak layak bila digunakan untuk wadah makanan ataupun minuman. [Kode untuk plastik jenis ini adalah 6].

7. Other (Polycarbonate). Plastik jenis ini juga baik untuk pembungkus makanan dan minuman karena tahan terhadap panas dan dapat digunakan berkali-kali. Biasanya plastik ini digunakan untuk pembungkus makanan, minuman energi, ataupun minuman kesehatan, dan lain-lain. [Kode untuk plastik jenis ini adalah 7].

Kode dari jenis plastik pembungkus ataupun botol minuman Anda, dapat dilihat pada bagian bawah botol, kode plastik tersebut biasanya berada dalam gambar segitiga.

#Sumber: Majalah Dunia Tzu Chi, Vol. 11, No. 2, Mei-Agustus 2011, hal. 38-39.

About bentbee

Hal yang paling kusukai dalam hidup adalah bangun di pagi hari, menghirup udara pagi sambil minum sweet hot tea... ^^

Posted on 8 November 2011, in Our earth and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. trims untuk infonya sangat bermanfaat

Koment ahh,,, :D hehehe..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: