Taman Wisata: Ratu Boko

Objek wisata Ratu Boko [gw lebih suka menyebutnya Istana Ratu Boko] terletak kurang lebih 2 km arah selatan candi Prambanan, kurang lebih 18 km arah timur kota Yogyakarta, kurang lebih 50 km dari arah barat kota Solo, terletak di atas bukit yang merupakan kelanjutan pegunungan seribu seluas kurang lebih 2500 m2 [meter persegi] dengan ketinggian kurang lebih 195.97 m.

Riwayat Penemuan Situs Ratu Boko

Sumber prasasti yang dikeluarkan oleh Rakai Panangkaran tahun 746-784 M kawasan situs Ratu Boko disebut Abhayagiri Wihara. Abhaya berati tidak ada bahaya, Giri berarti bukit/gunung, Wihara berarti asrama/tempat para Biksu agama Buddha yang terletak di atas bukit penuh kedamaian.

Pada masa berikutnya Abhaya Wihara berganti nama menjadi Kraton Walaing yang diproklamirkan oleh raja Vasal bernama Rakai Walaing Pu Kumbayoni.

Tahun 1790, Van Boeckholtz menemukan adanya reruntuhan kepurba-kalaan di atas bukit Ratu Boko.

Seratus tahun kemudian, FDK Bosch mengadakan penelitian dan melaporkan hasil penelitian diberi judul Keraton Van Ratoe Boko, maka kepurba-kalaan yang ada di Bukit Ratu Boko dikenal dengan nama Kraton Ratu boko.

Nama Kraton Ratu Boko berasal dari Kraton dan Ratu Boko. Kraton berasal dari kata Ka – da – tu – an yang artinya tempat Istana Raja, Ratu Boko berasal dari Ratu yang berarti Raja dan Boko berarti Bangau. Pengertian ini kemudian menimbulkan pertanyaan. Siapa yang disebut raja bangau itu, apakah nama seorang penguasa atau nama burung bangau sungguhan yang sering hinggap di kawasan perbukitan Ratu Boko, seperti diketahui bahwa pada bagain utara, barat, dan selatan dari perbukitan Ratu Boko merupakan tanah ngarai yang amat luas dan subur untuk daerah pertanian, sedangkan di bukit Ratu Boko sendiri terdapat kolam-kolam sebagai tandon air dari yang berukuran besar sampai kecil.

About bentbee

Hal yang paling kusukai dalam hidup adalah bangun di pagi hari, menghirup udara pagi sambil minum sweet hot tea... ^^

Posted on 31 March 2012, in Indonesia, Jalan-jalan and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Koment ahh,,, :D hehehe..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: