Konsep Pernikahan Dalam Agama Buddha

Dari sudut pandang ajaran Buddha, pernikahan bukanlah sesuatu yang suci ataupun tidak suci. Ajaran Buddha tidak menganggap pernikahan sebagai suatu kewajiban religius maupun sebagai suatu hal yang sakral yang ditakdirkan surga.  Pada dasarnya pernikahan merupakan hak pribadi dan sosial, bukan suatu kewajiban. Baik laki-laki maupun perempuan memiliki kebebasan memilih untuk menikah atau tetap hidup sendiri. Hal ini tidak berarti kalau ajaran Buddha menentang pernikahan.

Setiap hubungan merupakan suatu komitmen sepenuh hati untuk saling mendukung dan melindungi satu sama lainnya dalam sebuah kelompok atau komunitas. Pernikahan yang baik pasti tumbuh dan berkembang secara bertahap berlandaskan pengertian dan bukan nafsu sesaat, berasal dari kesetiaan sejati dan bukan hanya kenikmatan semata. Institusi pernikahan memberikan dasar yang baik bagi 2 orang individu untuk terus dipupuk dan agar terhindar dari kesepian, kemerosotan, dan ketakutan. Dalam pernikahan setiap pasangan mengembangkan peranan yang saling melengkapi, memberikan kekuatan, dan dukungan moral satu sama lainnya, saling menunjukkan penghargaan terhadap kemampuan pasangannya dalam merawat dan menjaga keutuhan keluarga. Tidak boleh ada pemikiran bahwa laki-laki atau perempuan lebih tinggi derajatnya.

Dalam khotbahnya, Sang Buddha memberikan berbagai macam nasihat bagi pasangan yang telah menikah dan bagi mereka yang hendak menikah. Sang Buddha berkata, “Jika seorang pria dapat menemukan istri yang cocok dan memahami; dan seorang perempuan dapat menemukan seorang suami yang cocok dan memahami; sesungguhnya mereka berdua sangatlah beruntung“.

About bentbee

Hal yang paling kusukai dalam hidup adalah bangun di pagi hari, menghirup udara pagi sambil minum sweet hot tea... ^^

Posted on 21 September 2012, in Tradisi & Agama. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Koment ahh,,, :D hehehe..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: